Joom!Fish config error: Default language is inactive!
 
Please check configuration, try to use first active language

Audiensi Kerjasama IPB-Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Audiensi Kerjasama IPB-Kabupaten Tanjung Jabung Barat PDF Print E-mail
Monday, 19 September 2016 02:57

AUDIENSI KERJASAMA IPB DAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Audiensi kerjasama tim IPB ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini merupakan jawaban dari IPB untuk menindaklanjuti rencana kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabidan kepada masyarakat. Kunjungaan yang dilaksanakan tanggal 6-8 September 2016 setelah rangkaian acara penandatanganan MoU dan Panen Raya Kedelai ini diwakili oleh Kasubdit Kerjasama, Dr. drh. Fadjar Satrija, Koordinator Kajian Strategis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Alan Koropitan dan sekretariat kerjasama.


Selasa, 06 September 2016 malam, tim IPB beserta SKPD dan perwakilan petani kopi Tanjung Jabung Barat melaksanakan pertemuan untuk berdiskusi terkait rencana kerjasama. Dari hasil diskusi tersebut, rencana kerja sama selin pendidikan melalui program BUD, Kab. Tanjung Jabung Barat ingin mengembangkan kopi liberika yang ada di daerah ini menjadi ciri khas atau komoditas unggulan yang dapat disejajarkan dengan kopi terkenal lainnya. Kemudian bidang perikanan, Pemkab Tanjung Jabung Barat ingin mengembangkan dudidaya ikan bandeng dan pembesaran udang mantis. Bidang pertanian, pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat ingin mengembangkan budidaya jenuh air (BJA) seperti yang diterapkan di Kab. Tanjung Jabung Timur terutama untuk komoditas padi. Bidang Perkebunan dan Peternakan, Pemerintah Kabupaten tanjung Jabung Barat ingin mengintegrasikan perkebunan pinang dan kelapa sawit dengan peternakan sapi.

Rabu, 07 September 2016, tim IPB beserta beberapa SKPD melakukan kunjungan lapang ke salah satu Desa Nelayan untuk melihat proses pengepakan udang mantis untuk dikirimkan ke Jakarta. Udang ini dikumpulkan dari nelayan sekitar dalam keadaan hidup dengan ukuran tertentu untuk dikirimkan ke Jakarta juga dalam keadaan hidup. Kendala yang dihadapi dari usaha ini adalah bagaimana membuat usaha ini dapat berkelanjutan mengingat stok udang mantis yang ditangkap nelayan tidak selalu sama jumlahnya dan masih belum memenuhi kebutuhan pasar. Dr. Alan Koropitan menerangkan bahwa sebagai langkah awal mungkin dikembangkan terlebih dahulu lokasi/daerah pembesaran anakan udang mantis yang ditangkap dari alam untuk memenuhikebutuhan pasar dan mendapatkan ukuran yang seragam. Sambil berjalan dilakukan penelitian untuk dapat membudiyakan udang mantis di tambak.

 

Bidang pertanian dan peternakan, tim IPB berkunjung ke salah satu desa binaan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultur, Desa Makmur Jaya, Kecamatan Betara. Pada kunjungan ini hadir juga perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultur, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan untuk berdiskusi langsung dengan tim kerjasama IPB. Dalam bidang Pertanian, Kadis Pertanian memaparkan kendala yang dihadapi antara lain adanya hama baik serangga maupun burung dan masalah air. Masalah air ini terkait daerah Tanjung Jabung Barat ini merupakan lahan gambut yang airnya sangat asam dan kurang baik bagi pertanian. Harapannya, IPB dapat membantu dengan teknologi dan inovasinya untuk mengatasi kekurangan air baik dengan pengembangan tanaman yang adaptif terhadap lahan gambut ataupun teknologi untuk pemenuhan kekurangan air. Sementara bidang peternakan, Dinas Peternakan Kab. Tanjung Jabung Barat menyampaikan adanya keinginan untuk mengitegrasikan perkebunan sawit dan pinang dengan peternakan sapi. Harapannya, IPB dapat membantu melalui pengembangan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) yang memanfaatkan pelepah sawit dan pinang sebagai pakan ternak. Terakhir, bidang perkebunan Tim IPB melakukan kunjungan ke beberapa kelompok petani kopi liberika untuk melihat potensi dan proses pengepakan kopi ini. Pemda berharap dapat bekerjasama dengan IPB dalam hal pemasaran kopi khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini.

Sebagai tindak lanjut kunjungan ini, Tim IPB akan meyampaikan hasil kunjungan ke unit-unit terkait tentang potensi Tanjung Jabung Barat yang dapat dikerjasamakan dengan IPB melalui penerapan teknologi dan inovasi IPB.