Joom!Fish config error: Default language is inactive!
 
Please check configuration, try to use first active language

PANEN RAYA KEDELAI KERJASAMA IPB-PROVINSI JAMBI
PANEN RAYA KEDELAI KERJASAMA IPB-PROVINSI JAMBI PDF Print E-mail
Monday, 19 September 2016 02:49

PANEN RAYA KEDELAI


Teknologi BJA yang merupakan salah satu inovasi IPB dibidang pangan melalui riset adaptif untuk menjawab persoalan pangan terutama impor kedelai di Indonesia. Teknologi ini sudah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia melalui kerja sama dengan pemerintah daerah salah satunya di Desa Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi yang dirintis sejak lima tahun lalu.

Selasa, 06 September 2016, kerja sama ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Pimpinan IPB bersama Gubernur Jambi dan Menteri Pertanian melakukan panen kedelai pada lahan 500 hektar. Kedelai yang ditanam di atas lahan pasang surut ini terdiri dari kedelai kuning seluas 400 hektar dan kedelai hitam seluas 100 hektar. Hasil panen yang didapatkan termasuk di tas rata sekitar 2.1-2.5 ton/hektar.

Untuk penanganan pasca panen, IPB menggandeng PT.BLST sebagai pemandu pasar agar hasil panen ini samapi ke pasar dengan harga yang wajar. Untuk kedelai hitam, PT. BLST bekerja sama dengan PT. Unilever, tbk sebagai penyerap kedelai hitam. Sementara untuk kedelai kuning, PT. BLST mencoba menghubungkan dengan pabrik tempe dan tahu yang berpotensi besar untuk menyerap kedelai kuning ini.