Joom!Fish config error: Default language is inactive!
 
Please check configuration, try to use first active language

MoU IPB - Kabupaten Samosir
MoU IPB - Kabupaten Samosir PDF Print E-mail
Thursday, 08 September 2016 02:42

PENANDATANGANAN NASKAH KESEPAHAMAN (MoU) IPB DAN KABUPATEN SAMOSIR

Rabu, 8 September 2016 bertempat di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2, IPB menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Samosir. Kunjungan tersebut dalam rangka penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Samosir dan IPB dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. MoU ditandatangani langsung oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc.


Dalam sambutannya, Rektor IPB menyampaikan kesiapan IPB untuk membantu dan bekerja sama dengan Pemkab Samosir untuk mengembangkan bidang pertanian dalam arti luas, seiring dengan banyaknya inovasi IPB yang bisa diaplikasikan ke masyarakat. Potensi sumberdaya alam di Kabupaten Samosir sangat banyak pada bidang pertanian, hal ini disampaikan oleh Bupati Samosir dalam sambutannya. Pada bidang pertanian terdapat 4 (empat) komoditas utama andalan Kabupaten Samosir yaitu padi, jagung, kentang dan bawang. Bidang peternakan, unggulan di Kabupaten Samosir dan yang sedang menjadi fokus pengembangan adalah kerbau dan kambing putih. Sementara untuk bidang perikanan, sudah banyak berkembang adalah keramba jaring apung, yang saat ini perlu pembenahan untuk kelestarian lingkungan di Danau Toba. Bupati Samosir juga mengundang langsung Rektor IPB untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Samosir agar dapat melihat secara langsung potensi sumberdaya yang dimiliki oleh Kabupaten Samosir.

Hadir pada acara penandatanganan tersebut dari Pemerintah Kabupaten Samosir antara lain Kepala Dinas Pertanian dan jajaran SKPD Kabupaten Samosir. Pimpinan IPB yang turut hadir juga adalah Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Sc, Wakil Rektor bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec, Sekretaris Insititut Dr. Ir. Ibnul Qayim, Kepala LPPM Dr. Ir. Prastowo, M.Eng, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Agus Purwito, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Prof. Dr. drh. Srihadi Agungpriyono, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc, Dekan Fakultas Kehutanan Dr. Rinekso Soekmadi, Dekan Fakultas Matematika dan IPA Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Dr. Ir. Yusman Syaukat, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto dan Direktur Program Diploma Dr. Ir. Bagus P Purwanto.