Joom!Fish config error: Default language is inactive!
 
Please check configuration, try to use first active language

KUNJUNGAN PEMDA KABUPATEN NABIRE KE IPB PDF Print E-mail
Tuesday, 06 May 2014 04:43

Pada hari Senin tanggal 5 Mei 2014 IPB menerima kunjungan dari Pemda Kabupaten Nabire, Provinsi Papua. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (Petrus Agapa, S. Pd, MM) didampingi oleh Sekretaris BKD (Drs. G. Subiyantono) dan Kabid Pengembangan Karier BKD (Andriyanto Juwandani, S. IP., M. Si) diterima oleh Direktur Kerjasama dan Program Internasional IPB (Dr. Edy Hartulistiyoso) dan Kasubdit Kerjasama KSPI (Dr. Yonvitner).

Agenda kunjungan Pemda Kabupaten Nabire ke IPB adalah monitoring mahasiswa BUD, diskusi perpanjangan MoU dan inisiasi kerjasama lainnya. Dalam diskusi ini disepakati bahwa Pemda Kabupaten Nabire akan melakukan proses perpanjangan MoU dengan IPB. Pemda Nabire mengutarakan niatnya untuk menjalin kerjasama dengan IPB melalui penelitian atau budidaya maupun kegiatan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi lainnya untuk pohon gaharu yang banyak dijumpai di Nabire. Pemda juga akan berupaya mengirim kembali siswa siswi berprestasi di Nabire untuk diberi beasiswa melalui program BUD pada tahun akademik ini.(fba)

 
KERJASAMA IPB DAN LEMBAGA PENGELOLA DANA PENDIDIKAN (LPDP) PDF Print E-mail
Friday, 02 May 2014 07:37

Pada Rabu, 30 April 2014 Kasubdit Kerjasama (Dr. Yonvitner), Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana (Dr. Nastiti Kusumorini), Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa (Megawati Simanjuntak, M. Si) dan Sekretariat Direktorat Kerjasama dan Program Internasional (Farhah Faridah) menghadiri rapat di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Jakarta sebagai tindak lanjut kerjasama IPB dan LPDP. Pada pertemuan tersebut dari LPDP yang hadir adalah Ratna Prabandari S.Psi. M.Ed. (Kepala Divisi Evaluasi Penyaluran Dana Kegiatan Pendidikan), Agung Sudaryono (Kepala Divisi Pengembangan Dana Kelolaan), Mas Dhiradharana (Divisi Pengembangan Dana Kelolaan), Reni Windari (Divisi Pengembangan Dana Kelolaan), Nur Muhlisin (Divisi Pengembangan Dana Kelolaan), Bapak Lukman.


Pertemuan tersebut membahas tindak lanjut kerjasama yaitu membahas SPK antara Sekolah Pascasarjana IPB dan LPDP dalam pemberian beasiswa Program Master dan Doktor.

Selain membahas SPK beberapa program kerjasama ditawarkan kepada LPDP. IPB mengusulkan LPDP dapat mengambil peran yang belum dilakukan oleh kemendikbud, seperti bidik misi, short course, summer course, dukungan menuju Program Perguruan Tinggi bertaraf internasional, meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi, akademi komunitas bersinergi dengan pemda (program D1, D2, D3 sesuai izin daerah ke Dikti, dibina oleh IPB dan mahasiswa dibiayai oleh LPDP), dan program internasional lainnya seperti seminar dan dukungan terhadap mahasiswa asing.


 

LPDP berada dibawah pengawas dan dikoordinasikan dengan 3 kementerian (Kemendikbud, Kemenkeu, dan Kemenag) dan mempunyai 3 dewan pengawas dan penyantun, melakukan program sesuai tupoksi dan penugasan yang diberikan. Saat ini LPDP baru melaksanakan program beasiswa S2/S3 dalam negeri yang membutuhkan dan belum melaksanakan yang program internasional. LPDP tidak bisa meluncurkan program sendiri dan harus melalui persetujuan dan kajian.

Sebagai tindak lanjut program dengan LPDP, selanjutnya akan dilakukan proses sosialisasi pada mahasiswa lingkungan IPB yang baru selesai pendidikan. Melalui program ini diharapkan lulusan baru akan dapat menikmati pendidikan lanjutan dengan dukungan LPDP. (ff)

 

 

 

 
Kunjungan Pemerintah Kabupaten Tabalong dan PT Adaro Indonesia PDF Print E-mail
Monday, 28 April 2014 08:12

Kerjasama antara IPB dan PT Adaro Indonesia telah berlangsung sejak tahun 2010 dalam pengiriman mahasiswa baru IPB jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD), yang berasal dari kabupaten wilayah kerja PT Adaro Indonesia, yang terdiri dari Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Kuala. Jumlah seluruh mahasiswa BUD dari PT Adaro Indonesia berjumlah 71 (tujuh puluh satu) orang yang terdiri dari angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013. Dalam rangka monitoring dan evaluasi mahasiswa tersebut, PT Adaro Indonesia beserta Pemerintah Kabupaten Tabalong berkunjung ke IPB hari Jumat dan Sabtu, 25-26 April 2014.



 

Pada hari Jumat, 25 April 2014 bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai 6, Gedung Andi Hakim Nasoetion dilaksanakan Focuss Group Discussion (FGD) mahasiswa BUD dengan agenda sharing pengalaman sukses TPB dan perkuliahan dan Analisa SWOT mahasiswa serta rencana tindak lanjut. FGD dipimpin langsung oleh Bapak Taufik dari PT Adaro Indonesia. Tujuan dari FGD ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan jika ada permasalahan mahasiswa selama menempuh masa perkuliahan di IPB.

Selanjutnya pada hari Sabtu, 26 April 2014 bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai 6, Bupati Tabalong Ir. H. Anang Syakhfiani didampingi GM CSR PT Adaro Energy Okty Damayanti berkesempatan bertemu langsung dengan mahasiswa BUD dari PT Adaro Indonesia. Terdapat 57 mahasiswa yang hadir pada pertemuan tersebut, sementara yang tidak hadir dikarenakan ada kuliah dan praktikum. Pada acara tersebut, PT Adaro Indonesia menyerahkan bantuan laptop kepada mahasiswa berprestasi IP : 4.00 TPB atas nama Rinawati (I14130116). Pemerintah Kabupaten Tabalong juga menyerahkan bantuan printer kepada mahasiswa berprestasi BUD-PT Adaro Indonesia asal Kabupaten Tabalong yaitu Hanifullah Habibie (G44100098) yang saat ini sedang menempuh semester 8 program fast track atau program akselerasi sinergi S1 dan S2, yang juga disponsori oleh PT Adaro Indonesia.

 

Read more...
 
« StartPrev21222324252627282930NextEnd »

Page 30 of 37