Joom!Fish config error: Default language is inactive!
 
Please check configuration, try to use first active language

MoU IPB - Kabupaten Samosir PDF Print E-mail
Thursday, 08 September 2016 02:42

PENANDATANGANAN NASKAH KESEPAHAMAN (MoU) IPB DAN KABUPATEN SAMOSIR

Rabu, 8 September 2016 bertempat di Ruang Sidang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2, IPB menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Samosir. Kunjungan tersebut dalam rangka penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Samosir dan IPB dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. MoU ditandatangani langsung oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc.


Dalam sambutannya, Rektor IPB menyampaikan kesiapan IPB untuk membantu dan bekerja sama dengan Pemkab Samosir untuk mengembangkan bidang pertanian dalam arti luas, seiring dengan banyaknya inovasi IPB yang bisa diaplikasikan ke masyarakat. Potensi sumberdaya alam di Kabupaten Samosir sangat banyak pada bidang pertanian, hal ini disampaikan oleh Bupati Samosir dalam sambutannya. Pada bidang pertanian terdapat 4 (empat) komoditas utama andalan Kabupaten Samosir yaitu padi, jagung, kentang dan bawang.

Read more...
 
Audiensi Kerjasama IPB-Kabupaten Tanjung Jabung Barat PDF Print E-mail
Monday, 19 September 2016 02:57

AUDIENSI KERJASAMA IPB DAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Audiensi kerjasama tim IPB ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini merupakan jawaban dari IPB untuk menindaklanjuti rencana kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabidan kepada masyarakat. Kunjungaan yang dilaksanakan tanggal 6-8 September 2016 setelah rangkaian acara penandatanganan MoU dan Panen Raya Kedelai ini diwakili oleh Kasubdit Kerjasama, Dr. drh. Fadjar Satrija, Koordinator Kajian Strategis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Alan Koropitan dan sekretariat kerjasama.


Selasa, 06 September 2016 malam, tim IPB beserta SKPD dan perwakilan petani kopi Tanjung Jabung Barat melaksanakan pertemuan untuk berdiskusi terkait rencana kerjasama. Dari hasil diskusi tersebut, rencana kerja sama selin pendidikan melalui program BUD, Kab. Tanjung Jabung Barat ingin mengembangkan kopi liberika yang ada di daerah ini menjadi ciri khas atau komoditas unggulan yang dapat disejajarkan dengan kopi terkenal lainnya. Kemudian bidang perikanan, Pemkab Tanjung Jabung Barat ingin mengembangkan dudidaya ikan bandeng dan pembesaran udang mantis. Bidang pertanian, pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat ingin mengembangkan budidaya jenuh air (BJA) seperti yang diterapkan di Kab. Tanjung Jabung Timur terutama untuk komoditas padi. Bidang Perkebunan dan Peternakan, Pemerintah Kabupaten tanjung Jabung Barat ingin mengintegrasikan perkebunan pinang dan kelapa sawit dengan peternakan sapi.

Read more...
 
PANEN RAYA KEDELAI KERJASAMA IPB-PROVINSI JAMBI PDF Print E-mail
Monday, 19 September 2016 02:49

PANEN RAYA KEDELAI


Teknologi BJA yang merupakan salah satu inovasi IPB dibidang pangan melalui riset adaptif untuk menjawab persoalan pangan terutama impor kedelai di Indonesia. Teknologi ini sudah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia melalui kerja sama dengan pemerintah daerah salah satunya di Desa Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi yang dirintis sejak lima tahun lalu.

Selasa, 06 September 2016, kerja sama ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Pimpinan IPB bersama Gubernur Jambi dan Menteri Pertanian melakukan panen kedelai pada lahan 500 hektar. Kedelai yang ditanam di atas lahan pasang surut ini terdiri dari kedelai kuning seluas 400 hektar dan kedelai hitam seluas 100 hektar. Hasil panen yang didapatkan termasuk di tas rata sekitar 2.1-2.5 ton/hektar.

Untuk penanganan pasca panen, IPB menggandeng PT.BLST sebagai pemandu pasar agar hasil panen ini samapi ke pasar dengan harga yang wajar. Untuk kedelai hitam, PT. BLST bekerja sama dengan PT. Unilever, tbk sebagai penyerap kedelai hitam. Sementara untuk kedelai kuning, PT. BLST mencoba menghubungkan dengan pabrik tempe dan tahu yang berpotensi besar untuk menyerap kedelai kuning ini.

 

 

 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 8 of 35